Pertanyakan Biaya Pengurusan SIM di Kota Pasuruan

Rabu, 12 Agustus 2009 11:43:10 - oleh : admin

Pertanyakan Biaya Pengurusan SIM di Kota Pasuruan

Pengurusan surat izin mengemudi (SIM) di Kota Pasuruan sedang dipertanyakan. Sejumlah warga mengeluhkan biayanya pengurusan SIM yang dirasa terlalu mahal.

Ini terungkap ketika Radar Bromo berkunjung ke kantor satlantas polresta Pasuruan di Jl Balai Kota, dua hari lalu. "Dulu pernah disebut di koran biaya pembuatan SIM C hanya Rp 75 ribu. Sedangkan untuk perpanjangan hanya dikenai Rp 60 ribu. Tapi kok saya mau buat baru, kenanya sampai Rp 250 ribu," kata Trimurti, salah satu pemohon SIM asal Kelurahan Trajeng Kecamatan Gadingrejo.

Trimurti mengaku tak tahu untuk apa sajakah uang Rp 250 ribu itu. "Pokoknya mengurus lalu kemudian ditarik segitu (Rp 250 ribu). Katanya nggak sampai segitu. Lha berarti lebih mahal dua kali lipat," katanya lalu pergi.

Tak hanya SIM C. Pemohon SIM B pun sempat mengeluh. Seperti yang diutarakan Hamdani, warga Jl Martadinata. Lelaki yang baru saja mengurus SIM B ini harus merogoh kocek sampai Rp 500 ribu.

"Padahal saya dengar untuk membuat SIM B hanya dikenai Rp 300 ribu. Eh nggak taunya begitu mau mengurus, kenanya kok sampai setengah juta ya. Apa mungkin ada biayanya yang sudah berubah?" ungkap Hamdani.

Sebenarnya Hamdani sendiri sekarang lega karena bisa mengurus SIM B cukup di polresta. Tak perlu sampai ke Polwil seperti tahun-tahun sebelumnya. Tapi, ia kaget dengan biaya yang harus dikeluarkannya.

Sementara, Kasatlantas Polresta Pasuruan AKP Sumaryadi ketika ditanya soal keluhan-keluhan tersebut mengaku belum tahu. "Coba nanti saya cek apakah benar seperti itu," katanya singkat.

Kapolresta AKBP Syahardiantono yang dikonfirmasi juga menyebut belum tahu tentang biaya pembuatan SIM yang sampai membengkak. "Kalau nantinya memang ada anggota kami yang seperti itu, pasti akan saya tegur. Memang sudah banyak yang bicara seperti itu. Tetapi kalau ada, harap laporkan," katanya. (jawapos.com)

| More

Berita "Seputar Pasuruan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...