Waduch! Eceng Gondok Penuhi DAM Sungai

Kamis, 21 November 2013 11:12:35 - oleh : arisfvns

Waduch! Eceng Gondok Penuhi DAM Sungai

Beji  - Sungai Wrati kondisinya sungguh sangat mengenaskan, hampir seluruh badan sungai ditumbuhi tanaman liar jenis eceng gondok. Hal ini mengganggu aliran air di sungai yang melintasi 3 Kecamatan yakni Gempol, Beji dan Bangil tersebut.

Tanaman eceng gondok terbanyak bisa dijumpai di sekitar DAM sungai Desa Kedungringin, Kedungboto dan Desa Tambakan. Hampir seluruh badan sungai ditumbuhi eceng gondok sehingga air di sungai tersebut tak terlihat.

Pertumbuhan tanaman air yang begitu cepat tersebut kerapkali membuat warga setempat kuwalahan untuk membersihkannya. Mereka khawatir keberadaan eceng gondok yang semakin menjadi membuat aliran sungai menjadi terganggu terutama saat hujan.

"Kita sudah sering kerja bakti, tapi ya tetap saja mas," ujar Lasmoro, salah seorang warga Desa Kedungringin, Kecamatan Beji pada wartabromo, Rabu (20/11/2013).

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Desa Kedungringin, Najib Setiawan. Menurutnya, pihaknya sudah berulang kali melakukan kegiatan pembersihan eceng gondok tersebut bersama warga, namun tak jua berhasil.

Warga berharap ada solusi yang efektif untuk menghambat pertumbuhan eceng gondok di daerah setempat terutama aliran sungai yang kerap meluap akibat banjir ataupun mengolahnya menjadi bahan baku lain yang memiliki daya guna. (h8/yog) (wartabromo)

| More

Berita "Seputar Pasuruan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...