Warga Pasuruan Terima Orderan 1500 Batik Untuk AL Se-Indonesia

Kamis, 21 November 2013 07:45:45 - oleh : admin

Warga Pasuruan Terima Orderan 1500 Batik Untuk AL Se-Indonesia

PASURUAN - Meski terbilang cukup tua, akan tetapi tak menyurutkan semangat Endang tri Murti (66), warga RT 01 RW 06, Desa Warungdowo, Kelurahan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan, untuk terus berkarya.

Wanita yang kini menikmati sisa umurnya sebagai anggota PPAL (Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut) itu mendapat pesanan 1500 batik untuk para purnawirawan AL se-Indonesia. Jelas sudah hal tersebut merupakan prestasi tersendiri bagi ibu tiga anak itu.

Profesi pembatik yang ditekuninya mulai 2003 itu mengharuskan dirinya untuk meladeni permintaan dari Suwarjono, mantan komandan di Lamtamal TNI AL Surabaya sejak bulan oktober tahun 2012 lalu. Dia masih ingat awal mula dirinya diminta untuk membuat batik dengan motif AL, mulai dari kain hingga jadi.

"Saya khan memang suka batik sejak kecil. Ketika ada pertemuan dengan seluruh purnawirawan beserta istrinya, tiba-tiba pak suwarjono menanyai satu persatu kesibukan dari kami semua, dan ketika saya bilang saya pandai membatik, tiba-tiba beliau langsung memerintahkan saya untuk membuat 1500 seragam batik," kenang Endang.

Merasa sanggup untuk memenuhi permintaan Suwarjono, Endang pun langsung bergegas untuk menyelesaikan satu persatu seragam yang diminta, lengkap dengan motif pistol, kapal pesiar, maupun motif topi khas AL. Sejak oktober sampai saat ini, endang pun terus kebanjiran order dari AL, oleh karenanya dia mengajak beberapa pembatik dari Kota dan Kabupaten Pasuruan, untuk membantu pengerjaan batik tersebut.

"Kalau total sekitar ada 10 pembatik yang saya ajak, dan alhamdulillah pesanannya banyak terus. Hari ini saja kami akan mengirim 100 seragam batik AL ke malang," ucapnya saat ditemui di rumahnya, Senin (18/11).

Dalam menerima pesanan seragam batik AL, Endang tidak membrandol dengan harga khusus, melainkan langsung menerima kesanggupan dari pihak pemesan sebesar Rp 150.000/seragam. Saat ditanya berapa keuntungan yang didapatnya, Endang mengaku dapat meraup keuntungan hingga puluhan juta hanya dalam waktu 1 bulan.

"Alhamdulillah, yang pasti dapat mensejahterakan teman-teman sesama pembatik yang kami ajak untuk menggarap pesanan ini. Kalau kainnya sendiri kita datangkan ada yang dari jawa tengah, jawa barat, dan ada juga yang dari jawa timur," jelasnya.

Sementara itu, aktifitas membatik yang dilakukan di rumahnya juga mendapat pembinaan dari Disperindag Kabupaten Pasuruan setiap tahunnya. Kata Endang, seluruh pembatik yang dirangkulnya, telah diikutkan dalam kegiatan fasilitasi bagi IKM terhadap pemanfaatan sumber daya industri kecil batik, di balai desa warungdowo, kecamatan pohjentrek, selama 5 hari berturut-turut.

"Bagian terpenting adalah pemasaran, karena itu akan memutar roda perekonomian kami sesama pembatik, alhamdulillah batik kami banyak disukai orang, baik yang bermotif kelompen, sedap malam, jeruk, apel sampai anggrek," katanya. (EMIL) (pasuruankab.go.id)

| More

Berita "Seputar Pasuruan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...