Kenali Longsor, BPBD Pasuruan Pasang Alat Deteksi

Selasa, 4 Juni 2013 00:48:19 - oleh : admin

Kenali Longsor, BPBD Pasuruan Pasang Alat Deteksi

PASURUAN - Mengantisipasi besar kecilnya potensi longsor di daerah pegunungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan telah memasang Ekstenso Meter, sebuah alat pendeteksi dini longsor, yang ditempatkan di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari.

Alat tersebut merupakan bantuan dari Dinas ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) Jawa Timur Bidang Geologi, dan telah dipasang sekitar seminggu lalu, dengan harapan dapat diawasi serta dijaga oleh penduduk sekitar.

Yudha Triwidya Sasongko, Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan mengatakan, sistem kerja alat tersebut akan terkoneksi langsung dengan BPBD, di mana setiap ada pergerakan tanah maupun cuaca yang kurang bersahabat, maka dapat terlihat di komputer yang sudah disiapkan.

"Pada layar komputer akan langsung terlihat grafik pergerakan, sehingga kita bisa mengambil tindakan, seumpama berpotensi besar pada tanah longsor," ujar Yudha kepada Radio Suara Pasuruan, Rabu8 (29/05).

Sementara itu, sampai sejauh ini memang baru ditempatkan 1 alat deteksi dini (early warning) di Kecamatan Tosari. Akan tetapi, Yudha menegaskan, pihaknya telah mengusulkan pengadaan alat tersebut, antara 2-3 alat, dan ditempatkan di daerah-daerah yang dikategorikan rawan tanah longsor, seperti Kecamatan Lumbang, Puspo, Pasrepan, Tutur, Purwodadi, Purwosari, Gempol, dan Prigen.

"Total ada 9 kecamatan rawan tanah longsor. Insya Alloh akan kami tambah lagi pemasangan alat deteksi dini longsor di daerah lain. Oleh karena itu, kami hanya berharap agar masyarakat sekitar dapat mengawasi maupun menjaga keberadaan alan tersebut," ungkapnya. (EMIL) (107fm.pasuruankab.go.id)

 

| More

Berita "Seputar Pasuruan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...