3 SMP Negeri Di Kab. Pasuruan Dinominasikan Sekolah Adiwiyata Mandiri

Kamis, 28 Maret 2013 23:41:26 - oleh : admin

3 SMP Negeri Di Kab. Pasuruan Dinominasikan Sekolah Adiwiyata Mandiri

PASURUAN - Tahun ini, jumlah Sekolah Adiwiyata Mandiri di Kabupaten Pasuruan akan semakin banyak.

Setidaknya, Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan akan menominasikan 3 SMP negeri, untuk masuk menjadi sekolah berbasis lingkungan mandiri, yakni SMPN 1 Pandaan, SMPN 1 Gondangwetan, dan SMPN 2 Gondangwetan.

Iswahyudi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan mengatakan, saat ini pihaknya sudah mempersiapkan ketiga sekolah tersebut, dengan anggaran masing-masing sebesar Rp 20 juta, dan nantinya digunakan untuk pembangunan sarana prasarana pendukung, serta pembelian bibit tanaman atau pohon pendukung.

"Keberadaan sekolah adiwiyata sangat penting, mengingat yang menjadi target adalah terciptanya budaya siswa cinta dan peduli lingkungan," ujar Iswahyudi saat ditanya Radio Suara Pasuruan, Kamis (28/03).

Sementara itu, untuk dapat meraih predikat sebagai sekolah adiwiyata mandiri, setiap sekolah dituntut untuk dapat melakukan lompatan, baik passing grade maupun 4 komponen penting, yakni kebijakan, kurikulum, partisipasi, dan sarana prasarana.

SMPN 1 Gondangwetan yang baru menginjak tahun kedua, sudah bersiap-siap untuk melakukan percepatan, khususnya kajian terhadap sampah.

Menurut Tanti Rahayu, Kepala SMPN 1 Gondangwetan mengaku optimis, sekolahnya akan dapat meraih predikat sebagai sekolah adiwiyata mandiri, lantaran pihaknya sudah merasa melengkapi persyaratan atau ketentuan untuk menjadi sekolah adiwiyata mandiri.

"Kita sudah memiliki 10 sekolah imbas, membuat kajian lingkungan secara sistematis, maupun merubah prilaku siswa yang dulunya cuek menjadi perhatian terhadap alam sekitarnya. Maka dari itu kami sangat percaya kalau gelar sekolah adiwiyata mandiri akan kami pegang" ujar Tanti saat ditemui di sekolahnya, pagi tadi. (emil) (107fm.pasuruankab.go.id)

 

| More

Berita "Pendidikan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...