Home Industri Gula Merah H. Abdul Syukur Pasuruan

Jum`at, 29 Juni 2012 10:11:16 - oleh : admin

Home Industri Gula Merah H. Abdul Syukur Pasuruan

Pasuruan - Di tengah persaingan ekonomi global, sebuah home industri gula merah di Kabupaten Pasuruan justru tetap mampu berkibar. Usaha gula merah ini adalah milik H Abdul Syakur (75), asal Desa Sruwi, Kecamatan Winongan.

Usaha gula merah tersebut masih tetap bertahan, lantaran respon dari pasar tradisional kini masih tinggi dan bahkan cenderung terus meningkat. Diantara sasaran pemasaran gula merah, selain Pasuruan sendiri yaitu sejumlah pasar tradisional di wilayah Jember, Tulungagung dan Blitar.

Hasan Bisri (36), pengelolah home industri gula merah mengatakan, sejauh ini ekspansi bisnis masih belum berupaya ke luar pulau, karena produksi masih minim. "Karena produksinya masih terbatas, jadi kita tidak melakukan ekspansi ke luar pulau," kata Hasan Bisri, anak kandung H Abdul Syakur, Jumat (22/6/2012).

Menurutnya, dalam sehari home industri gula merah yang dikelolahnya masih mampu menghasilkan sekitar 7 hingga 8 kwintal. "Lantaran masih produksi sedikit, kita akhirnya terpaksa menolak pesanan dari pengusaha gula merah dan pabrik dari Jawa Tengah," jelas pria satu anak tersebut.

Bisri menuturkan, proses pembuatan gula merah ini sangatlah mudah, meskipun semua dikerjakan secara manual. Tak hanya itu, produksi gula merah ini sangat ramah lingkungan, lantaran ampas tebu bisa dimanfaatkan sebagai pupuk, setelah sebelumnya dibuat bahan bakar memasak sari tebu.

"Gula merah ini dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp 9 ribu. Kita tak memungkiri, jika kendala yang kita alami hingga saat ini adalah soal pemasaran produk ini," ungkapnya. [bec/kun] (beritajatim.com)

 

| More

Berita "UKM News" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...