Jadwal Temu Karya Taman Budaya di Pandaan Mundur

Senin, 25 Juni 2012 22:47:48 - oleh : admin

Jadwal Temu Karya Taman Budaya di Pandaan Mundur

PASURUAN - Karena kegiatan renovasi Taman Candra Wilwatikta di Pandaan sampai sekarang masih belum selesai, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jatim menunda pelaksanaan Temu Karya Taman Budaya se-Indonesia. Yang awalnya akan digelar 30 Juni sampai 4 Juli 2012, diundur menjadi 11 sampai 14 Juli 2012. Demikian kata DR JARIANTO Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata propinsi Jatim, waktu mengudara di program Halo Selamat Pagi, Jum'at 15 Juni 2012.

Acara itu sendiri sekaligus sebagai peresmian pengelolaan Taman Candra Wilwatika yang sekarang dipegang Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jatim. Ke depannya akan rutin diisi dengan kegiatan pertunjukan seni dari berbagai wilayah di Jatim. JARIANTO mengatakan, keberadaaan Taman Candra Wilwatikta mampu menjadi wahana pertunjukan seni permanen dan rutin di Jatim, yang bisa dirasakan semua masyarakat. Dengan mengundang 29 Taman Budaya se-Indonesia pada agenda Temu Karya Taman Budaya 11 Juli nanti, minat masyarakat Jatim terhadap pertunjukan seni budaya diharapkan lebih besar.

DR JARIANTO Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jatim juga berharap, selain sebagai tempat pertunjukan seni budaya, taman Candra Wilwatikta bisa menjadi tempat hiburan alam. Karena ke depan akan dilengkapi dengan kebun binatang mini, pusat souvenir dan taman bermain anak. Tentunya, untuk mewujudkan semuanya, butuh kerjasama dari berbagai pihak.

Sementara itu, HARI MUDJI Koordinator Taman Candra Wilwatikta mengakui, kalau memang sekarang ini, renovasi Taman Candra Wilwatikta masih belum selesai. Target renovasi selesai, akhir Juni 2012. Diantara bangunan yang direnovasi, bagian pagar depan, kantor sekretariat dan pendopo. Termasuk penggantian lantai dengan keramik baru. Renovasi dilakukan sekaligus untuk menyambut acara peresmian sekaligus perhelatan Temu Karya Taman Budaya se-Indonesia, 11 Juli 2012.

Kepada Suara Pasuruan, HARI mengatakan, konsep bangunan yang sekarang dikerjakan, lebih cenderung memberi sentuhan kesan artistik. Seperti pembangunan taman tambahan di bekas tempat penangkaran binatang dan patung Raden Wijaya. Untuk menciptakan kesan klasik dan artistik di Taman Candra Wilwatikta, kata HARI, tidak perlu mendatangkan candi asli. Tapi, cukup membuat tiruan candi setinggi 2 meter.

Selain untuk lebih mempercantik ornamen bangunan, renovasi juga dilakukan untuk melengkapi fasilitas yang sudah ada sebelumnya. Tujuannya, bisa memberikan kenyamanan pada para pengisi acara sekaligus pengunjung yang akan nonton pertunjukan seni di Taman Candra Wilwatikta. HARI MUDJI Koordinator Kerumahtanggaan Taman Candra Wilwatikta menghimbau semua seniman di Jatim, bisa memaksimalkan kreatifitasnya di Taman Candra Wilwatikta. Terutama dalam menggelar kegiatan pertunjukan seni tari, yang pada akhirnya bisa menarik minat para wisatawan. Baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. (EKA MARIA) (suarapasuruan.com)

 

| More

Berita "Seputar Pasuruan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...