Rawon Nguling Tersohor Hingga Presiden SBY

Kamis, 9 Februari 2012 10:39:11 - oleh : admin

Rawon Nguling Tersohor Hingga Presiden SBY

PENGGEMAR kuliner Jawa Timur pasti tidak asing dengan nasi rawon. Di Pasuruan, Jawa Timur, ada sebuah warung nasi rawon yang tersohor hingga ke Presiden SBY.

Bila kebetulan kendaraan Anda mengarah dari Surabaya menuju Probolinggo, rasanya kurang afdol jika tidak mampir mencicipi nasi rawon di Warung Nguling. Dinamakan rawon nguling karena berlokasi di Desa Nguling, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan.

Salah satunya warung yang dikelola Hajah Nikmah (39). Warung ini diwariskan dari neneknya yang telah dirintis 70 tahun lalu dan kini tidak henti-hentinya dikunjungi pembeli. Bahkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pernah dua kali mengunjungi tempat ini untuk menikmati rawon nguling.

Menurut pembeli, rasa rawon yang disuguhkan sangat khas, sedap, dan kuahnya tidak kental sehingga berbeda dengan rawon lainnya. Lebih nikmat lagi, ada perkedel, tempe, dan dagingnya empuk.

Untuk membuat makanan khas Jawa ini tidaklah sulit. Awalnya, bumbu berupa cabe merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, daun jeruk purut, dan laos dihaluskan. Setelah halus, bumbu dimasak hingga matang.

Namun untuk mempunyai rasa khas, bumbu dimasak dengan tungku yang menggunakan kayu bakar. Setelah itu, bumbu dimasukan ke panci yang telah diisi air. Tak ketinggalan diberi kluwek dan daging yang dipotong-potong kecil.

Meski hanya berjualan nasi rawon, usaha Hajah Nikmah tergolong sukses hingga omsetnya ratusan juta rupiah per bulan. Maklum, warung ini juga membuka cabang di Jakarta , Bogor , Surabaya , Malang, dan Kepulungan, Gempol dengan harga satu porsinya Rp20 ribu. Anda penasaran? (ftr) (okezone.com)

| More

Berita "UKM News" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...