Tretes Daerah Wisata Keluarga

Jum`at, 23 Januari 2009 07:56:36 - oleh : admin

Tretes Daerah Wisata Keluarga

Kawasan TretesGerak cepat dilakukan Kecamatan Prigen untuk mewujudkan kawasan Tretes sebagai daerah wisata keluarga. Saat ini, pihak kecamatan tengah memetakan sejumlah titik yang mempunyai potensi untuk dijadikan pusat oleh-oleh khas Tretes.
Hal itu disampaikan Camat Prigen Suhartono, kemarin (22/1). "Rencananya memang begitu. Sementara ini kita masih cari lokasinya," katanya saat ditemui di kantornya, Jalan Raya Prigen. Menurut dia, pemetaan itu bertujuan agar lokasi yang dipilih nantinya sejalan dengan maksud pembangunan pusat oleh-oleh itu sendiri.

Lelaki berkacamata ini lantas menjelaskan, rencana menjadikan kawasan Tretes sebagai tempat rekreasi keluarga harus dilakukan secara bertahap. Mulai dari perencanaan tata ruang, hingga pembangunan simpul-simpul ekonomi.

Dengan cara itu diharapkan, Tretes tidak hanya menjadi kota wisata. Namun, juga menjadi kota yang berwawasan. Hal itu semata dilakukan agar kawasan yang berada di lereng Pegunungan Welirang itu lebih menarik untuk dikunjungi.

Tentu saja, pada pelaksanaannya nanti pihak kecamatan menurutnya akan menggandeng semua unsur dan tokoh masyarakat untuk dimintai pertimbangan. "Paling tidak, bagaimana baiknya kawasan ini ke depan. Semua elemen tokoh masyarakat yang ada di sini kita libatkan," jelasnya yang didampingi Sekcam Prigen Sugihandowo.

Dijelaskannya, keberadaan Tretes sebagai salah satu tempat wisata di Kabupaten Pasuruan sudah akrab dikenal. Namun, kondisinya saat ini dinilai kurang maksimal. Salah satu penyebabnya karena, minimnya infrastruktur dan sarana penunjang yang memadai. Misalnya, minimnya keberadaan pusat oleh-oleh yang banyak dijumpai di obyek wisata lain.

Selama ini menurut Suhartono, pengunjung maksimal membawa oleh-oleh berupa pisang dan beberapa produk tanaman holtikultura. Padahal jika mau serius, ada banyak produk yang bisa dijadikan buah tangan khas Tretes.

Diantaranya, dengan membuat pernak-pernik atau aksesoris yang memiliki ciri dan karakter sebagai produk Tretes. Bisa berupa aksesoris tubuh atau kuda yang terbuat dari belerang. "Wilayah ini kan dikenal sebagai salah satu produsen belerang terbesar. Kenapa tidak kita coba dengan membuat yang lebih memiliki nilai jual," katanya.

Selain memberikan keuntungan ekonomis, hal itu menurut Suhartono sejalan dengan penetapan beberapa desa sebagai desa wisata. "Nah, kalau itu tidak kita imbangi, masyarakat tidak akan bisa mengambil peran," imbuhnya.

| More

Berita "Seputar Pasuruan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...