Warga Petung Ancam Boikot Pilkada Pasuruan

Sabtu, 12 Juni 2010 10:31:44 - oleh : admin

Warga Petung Ancam Boikot Pilkada Pasuruan

Warga Kelurahan Petung, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan mengancam akan memboikot pilkada. Mereka kecewa dengan langkah pemkot dalam mengatasi banjir yang kerap terjadi di wilayahnya. Terakhir Kamis (10/6) lalu hujan deras mengguyur dan membuat Kelurahan Petung banjir lagi.

Pagi kemarin warga mengadu ke kantor kelurahan setempat. Dari kantor kelurahan mereka kemudian mendatangi kantor kecamatan. Di sana warga berdialog dengan Agus Kusbiyono, Camat Bugul Kidul. Dalam kesempatan itu warga meminta pemerintah serius menangani banjir di Petung dan membangun kembali plengesengan.

"Terus terang kami sudah jenuh. Kalau memang tidak ada penanganan yang berkelanjutan, kami meminta di Kelurahan Petung tidak usah diberi TPS (Tempat Pemungutan Suara). Percuma saja setiap ada pemimpin baru, nasib kami tetap saja dan banjir selalu melanda kampung kami," ujar Supriyono, ketua karang taruna Kelurahan Petung.

Mereka menyimpulkan, percuma ada pemimpin baru kalau nasib mereka tak juga diperbarui. "Bila perlu 7 Juli (hari pelaksanaan pilkada) nanti, jangan ada satu TPS yang dibangun di Kelurahan Petung. Coba saja lihat kejadian banjir di tahun ini sudah tujuh kali terjadi. Setiap hujan turun, plengsengan tidak berfungsi. Lalu apa gunanya ada pemimpin baru ?" kata Abdul Karim, salah satu tokoh masyarakat setempat.

Warga dan para pemuda Karang Taruna sudah siap bila memang tak berpartisipasi dalam pesta demokrasi. "Nuwunsewu (permisi) ya sebelumnya, lima tahun yang lalu kami juga dijanjikan bakal tidak ada banjir lagi di kampung kami. Tapi coba lihat, sekarang ini kampung kami tetap saja sering banjir. Lalu apa gunanya pemimpin baru ?" keluh Supriyono.

Terhadap ancaman warga itu, Agus selaku camat mengatakan tidak bisa berbuat banyak. Namun dia meminta agar warga tidak sampai memboikot pilkada. "Tapi kalau memang ada rencana seperti itu, saya hanya sarankan disampaikan lisan saja kepada pemerintah. Jangan sampai tertulis," pinta Agus.

Agus juga menyatakan bahwa dirinya sudah mencoba memfasilitasi keinginan warga. "Kami sudah menanyakan langsung permasalahan plengesengan kepada Kadin PU. Hasilnya, PU mengatakan dalam waktu dekat plengsengan bakal digarap. Saat ini sudah dalam tahap pelelangan proyek kepada rekanan," terang Agus. (jawapos.com)

| More

Berita "Kota Pasuruan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...