Debat Kandidat Pilkada, Hadirkan Pakar

Jum`at, 11 Juni 2010 15:49:34 - oleh : admin

Debat Kandidat Pilkada, Hadirkan Pakar

Acara debat kandidat yang direncanakan KPU akan menjadi ujian berat bagi kualitas kepemimpinan dan program para calon. Betapa tidak, untuk mereka KPU sudah menyiapkan lima sesi debat kandidat sekaligus.

Bukan hanya materinya saja yang ditetapkan secara selektif, para tokoh yang dihadirkan sebagai panelis juga tidak sembarangan.

Korbid Sosialisasi KPU Kota Pasuruan Machfud menyebutkan ada lima materi khusus yang sudah digodok oleh mereka. "Poinnya cukup beragam," katanya.,

Dia menyebutnya satu persatu. Dua materi disiapkan untuk debat kandidat bacawawali. Yakni tentang upaya meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian, mengentaskan kemiskinan dan pengangguran. Selain itu juga ditambah dengan materi pendidikan kesehatan.

Sementara, poin materi untuk debat kandidat bagi bacawali ada tiga tema yang dipilih. Yakni masalah pembangunan sosial budaya dan lingkungan. KPU tengah menyiapkan komunikasinya dengan salah satu pakar lingkungan dari UNAIR Surabaya. Yaitu Parto Wijoyo.

Selain itu, ada materi tentang demokrasi dan otonomi daerah yang bakal diungkap oleh dosen Ilmu Komunikasi Unair Suko Widodo. "Untuk materi tentang mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, serta menegakkan supremasi hukum, dan kebijakan anggaran, kami hadirkan Khusnul Mar'iyah," terang Machfud, menyebut nama terakhir yang merupakan mantan anggota KPU pusat tersebut.

Anggota KPU yang sudah dua periode menjabat ini menyatakan, untuk bisa menetapkan materi, maupun tokoh-tokoh yang bakal didatangkan, tidak diputuskan KPU secara sepihak.

Namun, mereka menggelar pembicaraan khusus dengan pasangan calon dan tim suksesnya. "Apabila, tokoh-tokoh yang kami tawarkan kemudian ditolak oleh pasangan calon, kami tidak bisa memaksakannya," paparnya kemudian.

Saat ini, KPU sendiri telah melakukan komunikasi tatap muka secara langsung dengan para tokoh yang bakal mereka hadirkan. Sebagian besar, menyatakan sudah siap hadir.

"Tapi, ada juga yang masih butuh konfirmasi lebih lanjut. Kami berharap, tidak lama lagi semuanya sudah final. Sehingga jadwal debat kandidat bisa digelar tepat waktu tanpa kendala," tegas Machfud. (jawapos.com)

| More

Berita "Kota Pasuruan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...