Bersih dari Atribut Kampanye Pilkada

Rabu, 9 Juni 2010 14:59:19 - oleh : admin

Bersih dari Atribut Kampanye Pilkada

Upaya mewujudkan sosialisasi pilkada damai lewat acara jalan sehat bersama masyarakat luas disikapi lebih serius oleh KPU. Pada H-5 kemarin, KPU mengundang secara khusus tim sukses untuk diajak rembugan, agar sama-sama mematuhi aturan main saat jalan sehat berlangsung.

"Pertemuan dengan tim sukses dari keempat pasangan calon menjadi hal yang cukup substansial untuk dilakukan, sebelum acara jalan sehat berlangsung," kata Korbid Sosialisasi Machfud.

KPU pun berinisiatif mengirimkan undangan pertemuan khusus dengan tim sukses malam kemarin. Selain tim sukses, KPU juga mengundang aparat keamanan dalam kegiatan tersebut. Tidak terkecuali panwas dan tim dari Radar Bromo yang menjadi pelaksana kegiatan di lapangan.

Menurut Machfud, dalam pertemuan itu setiap tim pemenangan akan diberi penjelasan tentang rambu-rambu atau tata tertib yang harus dipenuhi saat jalan sehat berlangsung.

"Tentang aturan tersebut, sudah pernah dibicarakan bersama dengan aparat kepolisian juga panwas beberapa waktu lalu," jelas Machfud.

Hasil pertemuan yang lalu pun sudah pernah disampaikan lewat Radar Bromo. Bahwa dalam acara jalan sehat nanti, ada larangan keras untuk menggunakan atribut parpol maupun tim sukses. Sehingga tidak memunculkan hal-hal yang tidak diinginkan, bila masih ada yang melanggar ketentuan tersebut.

Tidak hanya atribut, semua simpatisan dan pendukung keempat kandidat juga tidak diperbolehkan membawa segala macam bentuk alat peraga kampanye. Baik berupa bendera, stiker, pin (bros), dan sejenisnya.

"Larangan-larangan seperti ini harus disosialisasikan lebih dulu. Sehingga saat acara jalan sehat berlangsung pada hari Minggu, 13 Juni besok, pelaksanaannya benar-benar bisa berjalan lancar dan tertib. Dengan begitu, upaya menyosialisasikan pemilukada damai benar-benar terwujud," tandasnya lagi.

Ketua Panwas A. Zainurrifan, sangat berharap agar semua pihak sama-sama menjunjung komitmen melangsungkan pilkada dengan damai. "Dengan tetap menciptakan situasi yang kondusif yang tidak ternodai oleh konflik apapun juga. Untuk itu sportivitas dalam segala hal harus terus dijunjung tinggi," tegas Rifan.

Dalam acara jalan sehat nanti, panwas juga berjanji untuk melakukan pangawasan secara ketat. Bila mereka masih menemukan ada aktivitas tim sukses atau pendukung salah satu pasangan calon yang mengarah pada kampanye terselurung, pihaknya tidak akan segan-segan mencatatnya sebagai pelanggaran. (jawapos.com)

| More

Berita "Kota Pasuruan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...