Pasar Gondanglegi Akan Direlokasi

Kamis, 22 Januari 2009 12:07:16 - oleh : admin

Pasar Gondanglegi Akan Direlokasi

PasarPedagang di pasar Gondanglegi, Cangkringmalang, harus siap-siap pindah. Pasalnya, pihak pemerintah daerah sudah jauh hari menyiapkan relokasi pasar ini ke wilayah Turirejo, Desa Cangkringmalang, Kecamatan Beji.

Upaya pemindahan pasar Gondanglegi ke pasar Desa Cangkringmalang ini sudah ada sejak sejak zaman Bupati Jusbakir Aldjufri (alm). Hal itu ditegaskan melalui surat Bupati per tanggal 18 Mei 2006. Surat bernomor 143/99/424.023/2006 itu ada beberapa item. Salah satu itemnya mensyaratkan, pemerintah desa berkewajiban memperiroritaskan alokasi tempat untuk perpindahan para pedagang pasar daerah di Gondanglegi.

Camat Beji Noertjahtjo DS mengungkapkan, upaya relokasi pasar dari Gondanglegi menuju pasar desa Cangkringmalang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup pedagang pasar. "Secara umum, kami ingin ada kemakmuran pedagang," jelas Camat Noertjahtjo, kemarin.

Upaya perpindahan pegadang pasar Gondanglegi ke pasar desa Cangkringmalang, lanjut Camat, diserahkan teknisnya kepada kepala desa. "Yang kami tahu, saat ini pasar Cangkringmalang sudah sekitar 80 persen konstruksinya. Jadi, dalam waktu dekat pasar ini sudah berdiri dan siap ditempati," cetusnya.

Pasar Gondanglegi sendiri berada di sebelah utara jalan raya. Atau tepatnya bersebelahan dengan pangkalan ojek Gondanglegi. Hanya saja, pasar ini sudah tidak layak. Tempatnya terlalu menurun dari jalan raya. Jika diukur dari jalan raya, pasar Gondanglegi berada 1,7 meter di bawah permukaan jalan.

Selain itu, pasar seluas 1.224 meter ini sering menjadi penyebab kecelakaan. Karena jaraknya terlalu dekat dengan jalan raya. "Kalau sisi desainnya, bekas pasar Gondanglegi itu akan kita tempatkan puskesmas induk. Sedang, puskesmas induk yang berada dekat kecamatan ini akan jadi puskesmas pembantu atau pustu," tegas Camat.

Kapan akan direlokasi? Camat belum memastikan. Hanya, dia mengaku sudah mendapat laporan dari petugas di lapangan, jika pasar baru di Turirejo, Cangkringmalang sudah hampir 80 persen. "Mungkin bisa bulan depan (Februari). Tapi, itu nanti menunggu koordinasi lebih lanjut dengan pihak jasa konstruksinya," cetusnya.

Pasar desa Cangkringmalang sendiri sudah hampir selesai dibangun. Pasar ini berada di lahan desa seluas 1,250 hektar. Di depan, pasar ini terdapat 457 unit ruko. Untuk pedagang lama disediakan 200 kios dengan skala kecil dan sedang. Ukuran kecil sekitar 2 x 2 meter, dan ukuran sedang 9 meter persegi (3 x 3). "Kami sudah siapkan stan terbuka atua los untuk pedagang lama. Kami perlu koordinasi lebih lanjut dengan pihak desa, pasar dan pemerintah daerah," cetus Herman, salah satu petugas administrasi PT Bumi Asri, Sidoarjo.

PT Bumi Asri adalah pengusaha jasa konstruksi yang bekerjasama dengan pihak pemerintah desa. "Kami hanya membangun konstruksinya. Untuk tanah ini kan lahan desa. Dan semua izin sudah kami kantongi. Tinggal koordinasi lebih lanjut dengan pemerintah terkait," tegas Herman.

| More

Berita "Seputar Pasuruan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...