Hujan Lima Jam, Plengsengan di Prigen Ambrol

Rabu, 21 Januari 2009 13:24:53 - oleh : admin

Hujan Lima Jam, Plengsengan di Prigen Ambrol

antaraphotoHujan selama lima jam pada Senin (19/1) membuat ambrol plengsengan di tepi sungai yang berbatasan dengan The Taman Dayu: City of Festivals. Tepatnya, di Dusun Klatakan, Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Informasi yang dihimpun Radar Bromo menyebutkan, ambrolnya plengsengan seluas 150 meter persegi itu terjadi sekira pukul 17.00. Ketika itu, hujan deras mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Pasuruan. Tak terkecuali di lokasi kejadian.

"Hujannya memang cukup deras Mas," kata Hadi Sujono, 58, warga setempat. Bahkan, lelaki yang tinggal tak jauh dari lokasi kejadian itu menyatakan, hujan turun sejak pukul 11. 00 dan baru berhenti pukul 16. 00.

Hadi menceritakan, saat itu ia sedang sibuk memperbaiki rumah. Tak berlangsung lama, dirinya mendengar suara reruntuhan. Suaranya terdengar cukup keras. "Grubyuk," ujarnya tentang kejadian itu.

Lantaran penasaran, Hadi kemudian mencoba mencari tahu sumber suara itu. Betapa kagetnya dia ketika mendapati plengsengan yang ada di seberang sungai belakang rumahnya ambrol. Bahkan, sebuah pohon asem londo yang berdiri di pinggir plengsengan juga ikut roboh.

Dari pengamatan Radar Bromo, ambrolnya plengsengan yang berada di belakang pemukiman warga setempat itu cukup parah. Dinding plengsengan yang terbuat dari beton setebal sekitar 60 sentimeter tak kuat menahan beban tanah diatasnya.

Ironisnya, peristiwa itu bukan kali pertama terjadi. Menurut Hadi, plengsengan di di depan pabrik Sigaret Kretek Tangan (SKT) itu sudah dua kalinya. Karena itu, Hadi berharap peristiwa itu segera ditindaklanjuti oleh pihak terkait.

Pasalnya, ambrolnya plengsengan itu disertai materi berupa tanah dan bebatuan. Menurutnya, hal itu akan mengganggu saluran irigasi. "Gorong-gorong yang dari atas kan tertutup tanah itu," katanya. Sementara itu, sejauh ini belum diperoleh keterangan resmi dari pihak terkait atas kejadian tersebut.(Radar Bromo)

| More

Berita "Seputar Pasuruan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...