Awas, Jalur Gempol Rawan Laka!

Rabu, 21 Januari 2009 13:19:14 - oleh : admin

Awas, Jalur Gempol Rawan Laka!

pandaan_kecelakaan.jpgHati-hati bagi pengendara yang melewati jalan raya wilayah Gempol. Mulai dari pertigaan Gempol yang menghubungkan jembatan Porong, Jl Raya Karangrejo, Melian, dan juga Ngerong, termasuk daerah rawan laka.  Berdasarkan catatan Radar Bromo, di awal tahun ini saja, tercatat ada 13 kejadian (kecelakaan) di wilayah Gempol. Kecelakaan terjadi mulai jalur padat kendaraan Jembatan Porong hingga pertigaan Kejapanan dan jalur cepat di Karangrejo.

Di beberapa titik rawan lainnya, seperti pertigaan Ngerong dan Watukosek, juga sering terjadi kecelakaan. Data yang tercatat, rata-rata dalam tiga hari terjadi kecelakaan. Bahkan, dalam sehari bisa dua kecelakaan. Seperti yang terjadi pada 9 dan 10 Januari. Terjadi kecelakaan di Jl raya Gempol, Melian, Legok dan Karangrejo.

Sementara itu, korban kecelakaan sejak 31 Desember 2008 hingga sekarang, tiga korban tewas. Sementara korban lainnya mengalami luka ringan hingga berat.

Kaposlantas Gempol Aiptu Hardiyono menyatakan, seringnya korban kecelakaan yang terjadi di wilayah Gempol, karena banyak pengendara atau pengemudi yang tidak mematuhi aturan lalu lintas. Selain itu, pengendara juga kurang berhati-hati ketika melintasi tikungan. "Kalau belokan, yang sering terjadi ketika melintas di Watukosek dan Ngerong. Ini harus diwaspadai oleh pengendara. Terutama pengendara yang belum pernah melintas di wilayah ini," ujar Hardiyono.

Untuk jalur padat kendaraan yang menghubungkan antara wilayah Porong dan Gempol juga kerap terjadi kecelakaan. Kecelakaan tidak selamanya terjadi karena benturan antarkendaraan. Melainkan karena pengendara kurang berhati-hati saat ingin mendahului kendaraan yang lain.

"Seperti yang terjadi tanggal 16 Januari lalu. Sebenarnya jalanan di pertigaan Gempol ini sudah agak sepi. Karena mau Jumatan. Tapi, saat itu, pengendara tidak melihat kalau ada MPU di depannya. Pada saat terjatuh dari motor, langsung tergencet trailer yang ada di sebelahnya," cetusnya.

Untuk hari-hari libur, biasanya petugas lebih banyak terkonsentrasi di pertigaan Gempol dan Kejapanan. Sebab, wilayah ini dikenal padat kendaraan yang melintas dari berbagai arah. Di pertigaan Gempol dilalui kendaraan dari Malang ke Surabaya atau sebaliknya, dan juga kendaraan dari arah Pasuruan menuju Surabaya.

Sedang, untuk pertigaan Kejapanan, biasanya dilintasi kendaraan menuju atau dari Mojokerto. "Kami kadang tidak pulang sejak pagi sampai malam hari. Kami sudah berikan rambu-rambu agar tetap mengurangi terjadinya kecelakaan," tegasnya.(Radar Bromo)

| More

Berita "Seputar Pasuruan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...